Wednesday 23 August 2017

Rangkaian Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya


Sobat Curuger ada yang sudah ke Batu Blek di Tasikmalaya? Pasti kebanyakan sudah pernah ya apalagi orang Tasikmalaya.


Curug Batu Blek merupakan salah satu curug yang berada di Tasikmalaya tepatnya di kampung Cipeuteuy desa Santanamekar kecamatan Cisayong Tasikmalaya dan berada dibawah kaki gunung Galunggung.



Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya


Curug ini memang sudah sangat terkenal di kalangan para pecinta curug karena  jarak nya yang terbilang dekat dari daerah kota yang hanya sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Ditambah fasilitas pendukung dan infrastruktur jalan yang sudah mulai memadai menjadikan curug ini sebagai alternatif masyarakat untuk berlibur. Apalagi curug ini memiliki kejernihan air yang sangat jernih di tambah kondisi airnya yang dingin dan sejuk.

Namun tahu kah sobat jika di seputaran curug Batu Blek ini terdapat banyak curug lain yang tidak kalah indah dan menangtang untuk di kunjungi?

Ternyata curug Batu Blek ini merupakan salah satu rangkaian beberapa curug yang berada dalam dua aliran yang menjadi satu setelah jatuh di curug Batu Blek ini. Kebetulan Batu Blek ini berada pas ditengah-tengah rangkian aliran curug tersebut, jadi ada beberapa curug lagi di atas dan di bawah Batu Blek.

Berikut ini beberapa curug yang berada di seputaran curug Batu Blek yang saya sebutkan dari bawah dulu :
  1. Curug Badak/ Curug Cibadak

    Curug yang paling bawah ini namanya Curug Cibadak/ curug Badak. Ya namanya memang sama seperti nama curug yang berada di kampung Lemah Deudeut yang masih satu kecamatan. Curug ini juga terkenal dengan nama curug Arjuna entah dari mana asalnya nama tersebut, tapi yang saya tahu nama tersebut menjadi terkenal setelah ada sebuah foto yang di repost oleh salah satu akun instagram reposter yang lumayan terkenal di Tasikmalaya. Trekking jalan kaki menuju kesini pun tidak jauh namun kita harus hati-hati karena kita harus menuruni tebing yang lumayan curam


    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya
    Credit Foto by : Lebah_jujur


    2.     Curug Putih

    Rangkaian curug yang kedua di atas curug Cibadak ini namanya curug Putih atau juga di sebut curug hiji (satu). Untuk menuju ke curug ini sangat mudah dari parkiran masukyang terdapat mushola kita tinggal melanjutkan perjalanan kearah jalan setapak pesawahan untuk kemudian terus mengikuti jalan setapak tersebut sampai mentok kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri sugai.


    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya


    3.     Curug Teureup

    Curug Teureup ini posisinya berada di sebelah kanan dari curug Putih. Untuk menuju ke curug ini kita harus melewati dulu bukit yang terdapat pohon Kidamar, setelah itu lanjut menyusuri sungai sekitar 15-20 menit.

    Curug Oni, Curug Batu Blek, Teureup Tasikmalaya
    Credit foto by : Lebah_jujur


    4.     Curug Batu Blek

    Curug Batu Blek ini sering disebut curug dua, disebut demikian karena curug ini memiliki 2 aliran curug dari sumber aliran yang berbeda dan sebuah leuwi (kolam) yang lumayan dalam. Curug ini sudah terkenal dan di buka oleh Perhutani sebagai objek wisata. Jika mau berenang disini masih aman karena sudah tersedia pelampung.

    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya


    5.     Curug Cihanjuang 2

    Curug Cihanjuang 2 ini posisinya berada di atas curug Batu Blek tepatnya pada aliran sebelah kanan. Untuk menuju curug Cihanjuang2 ini kita harus menyusuri bukit yang lumayan terjal, terdapat jalur sebelah kiri dekat dengan saung kecil di area curug Batu Blek.

    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya
    Credit foto by : Lebah_jujur


    6.     Curug Batu Niungan

    Curug Batu Niungan ini posisinya berada di atas curug Batu Blek dari aliran sebelah kiri. Curug ini memiliki ketinggianhanya skitar 2 meter namun memiliki leuwi/ kolam yang bisa di pakai untuk berenang.


    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya


    7.     Curug Wayang

    Naik keatas lagi ada curug Wayang. Nama curug Wayang ini menjadi terkenal seelah di repost oleh akun instagram terkenal di Tasikmalaya. Padahal ada beberapa nama untuk curug ini dengan berbagai versi cerita dari warga. Curug ini merupakan sebuah leuwi/kolam yang jernih dan juga tidak dalam jadi sangat Ngojayable banget lah.

    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya
    credit foto by : Lebah_jujur


    8.     Curug Entep

    Curug ini berada di atas curug Wayang. Memiliki ketinggian curug yang pendek mungkin hanya sekitar 1 meter. Yang menjadikan unik curug ini adalah alirannya yang pendek, kecil dan lumayan deras, jatuh ke kolam yang membentuk melingkar dengan kedalaman bekisar 1-2 meter. Sama seperti curug Wayang sangat Ngojayable banget.


    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya
    Credit foto by : Lebah_jujur


    9.     Curug Cihanjuang 1

    Curug Cihanjuang 1 berada di atas curug Entep. Ada dua jalur jika kita mau menuju curug ini. Yang pertama kita bisa menyusuri sungai dari curug Batu Blek keatasdan yang kedua kita bisa menyusuri hutan dengan melewati bukit sebelum ke curug Batu Blek. Memiliki ketingian sekitar 15-20 meter yang jatuhan alirannya langsung mengenai batu yang berada  di  bawahnya.


    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya


    10.  Curug Batu Umpak

    Curug Batu Umpak ini merupakan curug yang baru-baru banget di temukan. Posisinya berada di atas curug Cihanjuang 1 yang masih merupakan satu aliran. Untuk menuju ke curug ini kita perlu ektra tenaga karena mesti menyusuri perjalanan yang lumayan ekstrim


    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya
    Credit foto by : Lebah_jujur


    11.  Curug Kayangan

    Curug Kayangan ini berada di atas curug Batu Umpak yang juga masih satu aliran. Kondisi trekking nya pun sama seperti trekking menuju Batu Umpak. dinamakan curug kayangan karena curug ini lumayan berada paling atas diantara curug-curug lainnya dan yang ngasih nama curug ini adalaha teman yang pertama kali mengeksplor dan mempublish foto curug ini di sosial media

    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya
    credit foto by : Lebah_jujur


    12.  Curug Oni

    Curug Oni merupakan curug yang posisinya paling tinggi dari rangkaian curug yang berada di kawasan ini. Menurut warga setempat, curug-curug yang berada di bawah di daerah seputar Batu Blek ini pusat alirannya dari Curug Oni. Untuk menuju ke curug ini kita harus menyusuri hutan yang lumayan lebat dengan waktu tempuh sekali perjalanan sekitar 5-6 jam dan itu pun mesti di antar sama warga setempat.

    Curug Oni, Curug Batu Blek Tasikmalaya
    credit foto by : mtma_tasik

5 comments:

  1. Ngojayable nya itu looh :v :v mantap deh infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iya teh kuy kesini lah klo edisi santai gampang ko hehe

      Delete
  2. saya tadi ke curug oni gak di pandu sama warga setempat gak nyampe2 akhirnya sudah berjalan 4 jam saya balik lagi

    ReplyDelete