Monday 4 July 2022

Pantai Cemara Pangkalan

 

Pantai Cemara Pangkalan, nama yang mungkin masih asing terdengar di telinga karena selama ini saya sendiri pun belum pernah tau atau pun familiar sama nama tersebut. 

 


Berawal saat lagi Sunday Ride atau jalan-jalan, karena sudah berpuluh purnama jiwa raga ini dan seluruh badan belum lagi merasakan manjaan dengan menarik gas motor jarak jauh. Setelah ketemu momen yang pas akhirnya saya mencoba Kembali memacu kuda besi dengan berkunjung menikmati pesisir pantai Tasikmalaya dengan rute Tasikmalaya, via Cikatomas dan mulai menyisir pantai mulai dari daerah Cikalong dengan tujuan Pantai Madasari.

Setelah hampir 2 jam menempuh perjalanan yang disuguhi dengan kondisi jalan berbatu yang belum ada perubahan dari kapan taun, akhirnya saya sampai juga di daerah pasar Cikalong dan memutuskan untuk beristirahat sejenak dan mengisi bensin. Setelah dirasa cukup saya melanjutkan lagi perjalanan, dan tak lama sekitar 1 km dari pasar Cikalong saya menemukan tempat yang disana banyak pohon yang awalnya saya kira itu pinus tapi masa iya pinus ada di pinggir pantai yang akhir nya saya tau itu pohon Cemara. Karena penasaran saya berkunjung dulu kesana sekedar ingin tau dan mengambil foto.

Setelah sampai saya di buat ternganga karena pantai ini sangat indah dimana sepanjang pesisir pantai di tumbuhi pohon cemara yang tersusun rapi dan rindang yang membuat teduh dan sejuk sepanjang pantai. 


 

Saya tidak tau apakah pohon ini sengaja di tanam pemerintah atau warga, karena di lihat dari banyaknya jumlah pohon dan susunan letak pohon nya yang rapih kalaupun sengaja di tanam sama pengurus mungkin mau membuat tempat wisata baru yang ternyata setelah saya sedikit berjalan ke arah utara saya menemukan papan nama pantainya.

Selain di hiasi banyak pohon cemara, pantai yang berlokasi di desa Sindangjaya, kecamatan Cikalong ini juga memiliki pasir pantai yang berwarna hitam eksotis dengan pemandangan yang luar biasa. Tapi walau begitu jangan harap disini kita bisa main air ya, karena pantai ini memiliki ombak yang lumayan besar shingga tidak cocok atau kurang aman untuk berenang

Karena banyak ditanam pohon cemara, dan karena hal ini mungkin  nama pantai ini dinamai Pantai Cemara Pangkalan yang nama Pangkalan sendiri karena konon katanya pada waktu dulu sempat ada pesawat kecil yang mendarat darurat di daerah ini,  kemudian sampai pada akhirnya warga membantu sang pilot membuat lintasan/ jalur untuk pesawat tersebut bisa terbang lagi.

 


 

No comments:

Post a Comment