Wednesday 22 April 2015

Talaga Bodas Garut

Talaga Bodas Garut

Garut merupakan sebuah kabupaten yang berada di wilayah Priangan timur provinsi Jawa Barat. Jika berbicara mengenai keindahan alam di kabupaten ini seakan tidak ada habisnya, dan pemerintah daerahnya pun sangat mendukung terhadap potensi pariwisata yang ada di daerahnya. Salah satu yang cukup terkenal adalah Kawah Talaga Bodas yang berada di daerah Wanaraja. Tempat ini sangat mirip sekali dengan Kawah Putih yang berada di daerah Ciwidey Bandung namun jika di bandingkan kawah Talaga Bodas ini lebih luas dari pada Kawah Putih yang berada di Ciwidey,

Talaga Bodas ini berada di Gunung Talaga Bodas dengan ketinggian 1512 mdpl, sedangkan gunung Talaga Bodasnya sendiri mencapai ketinggian 2201 mdpl. Tempat ini berada di perbatasan antara kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut, namun secara administrasi wilayah Talaga Bodas ini masuk kedalam kabupaten Garut dan berjarak sekitar 28 km  dari pusat kota garut.

Akses menuju lokasi ini sedikit menyusahkan apalagi bagi yang menggunakan kendaraan beroda empat, karena kondisi lebar jalan yang sempit dan di beberapa titik terdapat jalan yang hancur dengan kondisi jalan yang terus menanjak. Dari Kota Tasikmalaya bisa di tempuh dengan waktu 1,5 jam. Selama perjalan menuju lokasi ini kita akan di suguhi pemandangan perbukitan, perkebunan penduduk dan pemandangan kota Garut. Sekitar 1 km sebelum sampai di lokasi kita akan menemui sebuah bukit yang dulu sempat booming yang dikatakan sebagi piramid yaitu gunung Sadahurip.

Jika telah sampai di tempat parkir kita tidak langsung berada di kawah namun kita harus berjalan dulu sekitar 200-300 meter dan jika kita tidak mau capek, kita bisa naik ojeg yang sudah banyak tersedia di depan portal menuju kawah tersebut.

Lokasi kawah Talaga Bodas ini sangat indah dan menakjubkan, kawah putih cantik yang di hiasi oleh back ground gunung yang memanjakan mata, dan ketika berada disana pasti segera ingin mengeluarkan camera untuk mengabadikan tempat ini. Di lokasi ini juga terdapat kolam pemandian air panas yang langsung menghadap ke kawah Talaga Bodas











 Kanal yang mengalirkan air dari kawah

 Gunung Piramid Sada Hurip

No comments:

Post a Comment