Friday 13 April 2018

Menikmati Kesejukan Curug Salosin




Pesona Curug/ Air Terjun memang tiada habisnya, dari hari ke hari semakin banyak saja orang yang mengunjungi tempat tersebut terbukti dari banyaknya postingan curug di media sosial. Memang Curug merupakan tempat yang sangat cocok untuk rileks, rehat dari mumetnya pekerjaan, karena suasana di area curug kebanyakannya hawanya sejuk dan jarang banyak orang karena terletak jauh dari perkotaan  apalagi jika curugnya berada di area gunung sudah dipastikan airnya sangat segerr.


Tak terkecuali dengan curug yang berada di kaki Gunung Sawal ini, namanya Curug Salosin berada di dusun Palasari desa Sukahurip kecamatan Cihaurbeuti kabupaten Ciamis. Salosin merupakan nama bilangan dari bahasa Sunda yang dalam bahasa Indonesia satu lusin atau 12 buah. Menurut  keterangan beberapa warga mengapa dinamakan Salosin karena memang di daerah ini terdapat 12 buah curug dari satu aliran air.


Curug Salosin
Curug 3 Curug Salosin
Air di curug Salosin ini sangat jernih, dingin dan sejuk, tak heran karena letaknya yang berada di atas ketinggian di tambah dengan pemandangan pepohonan yang rimbun membuat mata, dan otak kita menjadi fresh.

Untuk menuju ke lokasi ini sangat gampang dan tak jauh. Dari Tasikmalaya kita langsung mengambil arah Indihiang, berbelok ke kanan kearah Cihaurbeuti via Bojong Jengkol, kemudian setelah sampai di jalan raya langsung belok kearah kiri, sekitar 100-200 meter nanti di sebelah kanan akan ada jalan kecil yang merupakan daerah Sukamulya nah masuk kesana  untuk menuju ke dusun Palasari.

Jarak dari daerah Sukamulya menuju dusun Palasari sekitar 5 km dengan kondisi jalan yang sangat bersahabat bisa di lewati dengan kendaraan bermotor maupun mobil. Setelah sampai di dusun Palasari nanti terdapat jalan baru yang belum selesai dan jalan tersebut bisa digunakan menuju curug hingga sampai hutan pinus. Kalaupun tidak menggunakan jalur tersebut juga bisa kita tinggal memarkirkan kendaraan di sebelah kanan jalan yang baru atau bisa di titipkan di warung warga dengan di teruskan trekking berjalan kaki selama 30 menitan melewati ladang, pesawahan, jalan baru dan hutan pinus. Setelah melewati hutan pinus kita akan menemukan aliran air yang mana air tersebut berasal dari curug pertama dari rangkaian curug Salosin.

Jarak antar satu dan lainnya berbeda-beda ada yang dekat ada juga yang jauh, namun kita harus trekking menanjak yang lumayan melelahkan. Jika kita mau mengeksplore semua curug yang berada di rangkaian Curug Salosin sebaiknya minta di antar sama warga supaya aman.


Curug Salosin
Curug 1






Curug Salosin
Curug 2

 

Curug Salosin
Curug 3








































2 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. Mang, ka curug 12 na sabaraha jam jalan ?

    ReplyDelete