Thursday 28 April 2016

Talaga Nila/ Telaga Biru

Talaga Nila
24 April 2016

Majalengka sebuah daerah yang menyimpan tempat-tempat wisata yang indah dan berbeda dengan daerah lain, setelah sekitar sebulanan sebelumnya saya mengunjungi daerah ini saya masih penasaran untuk bisa mengeksplor ke tempat yang lainnya yang ada di daerah Majalengka ini. Dengan rencana ala saya yang mendadak seperti biasa ini saya memutuskan untuk mengunjungi ke daerah Majalengka lagi.
Walaupun masih belum faham bener tentang daerah Majalengka, tapi setelah kunjungan saya sebelumnya dan melihat-lihat peta yang saya pelajari lumayan menjadi modal petunjuk jalan setidaknya bisa meminimalisir waktu di jalannya.



Telaga Nila/ Telaga Biru



Tempat yang saya kunjungi ini namanya adalah Talaga Nila atau Telaga Biru berada di desa Jerukleueut, kecamatan Sindangwangi, kabupaten Majalengka  dan berada pada koordinat 06°47’48.4”S 108°23’16E.  Ada banyak akses jalur dari beberapa daerah karena saya dari Tasikmalaya maka jalur yang saya gunakan adalah jalur alternatif via Panjalu, Jahim, Cikijing kemudian dari sana di lanjut menuju daerah Talaga, Maja yang nantinya ketemu sama bunderan Cigosong setelah itu belok kanan ke daerah Rajagaluh kemudian sampai di daerah Sindangwangi. Jarak tempuh untuk menuju tempat ini dari Tasikmalaya sekitar 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan motor.

Telaga Nila ini memiliki keunikan sendiri dimana warnanya y ang berwarna biru, terkadang berwarna kehijauan  dengan kondisi air yang sangat jernih. Telaga Nila ini berbentuk sebuah danau yang tidak terlalu luas yang memiliki panjang sekitar 100 meter dengan lebar 30 meter. Di tempat ini kita bisa menikmati suasana dengan berfoto ria bahkan kita bisa menikmatinya dengan berenang, namun jika berenang disini kita mesti hati-hati karena talaga ini memiliki kedalaman sampai 10 meter menurut keterangan warga.

Telaga Nila ini masih baru di buka sekitar beberapa bulan yang lalu dengan harga tiket masuk ke tempat ini cuma Rp. 5000 dan masih di jaga oleh beberapa orang dari warga setempat  oleh karena itu fasilitas yang tersedia masih sangat minim sekali hanya terdapat tempat parkir alakadarnya dan terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan kecil jadi tidak terlalu bingung jika kita tidak membawa perbekalan dari rumah.

 
Berenang Cantik




Nyelem


 







2 comments: