Sunday 29 March 2015

Lembah Putri



Lembah Puteri

Pemandangan dari atas Lembah Puteri

Lembah Puteri merupakan salah satu objek wisata di kabupaten Pangandaran, dimana tempat ini menawarkan pesona berbeda dari tempat wisata lain. Lembah Puteri merupakan sebuah bukit tinggi yang mempunyai luas sekitar 5 hektar, letaknya tepat di 13 KM sebelum pantai Pangandaran atau 5 KM setelah pantai Karang Nini, jika kita menengok  ke sebelah kiri dalam perjalanan setelah melewati Karang Nini, maka akan terpampang di dinding bukit bagian bawah bertuliskan “Lembah Puteri” tepat di atasnya ada pos penjaga tiket wisata tersebut. Tempat ini berada di dusun Lembah Putri desa Putra Pinggan kecamatan Kalipucang. Untuk menuju ke tempat ini disarankan pengunjung memakai kendaraan dengan kondisi yang fit, karena jalannya yang menanjak tajam dan berkelok sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

Tempat ini menawarkan wisata dimana kita bisa melihat pemandangan langsung samudera Hindia yang biru dari atas bukit, selain itu masih dari atas bukit ini kita bisa melihat beberapa view tempat yang ada di kawasan Pangandaran diantaranya : pulau Nusakambangan, Cagar Alam, Pangandaran Waterpark, serta hijaunya pepohonan sekitar, dan panorama perbukitan yang hijau. Selain mempunyai pantai yang eksotis, ternyata ada hal unik dari tempat ini yang mungkin tidak ada di tempat lain yakni terdapatnya miniatur Tembok Cina yang di bangun diatas bukit Lembah Putri ini. Terbuat dari batu alam berwarna hitam kecoklatan dan mempunyai tinggi sekitar 1 meter yang juga memiliki undakan yang jarak antara undakan tersebut lumayan luas. Miniatur Tembok Cina ini merupakan daya tarik tersendiri dan menjadi trade marknya dari tempat ini. Jika kita berjalan menyusuri tembok ini pas di tengah terdapat sebuah pendopo yang berukuran sekitar 100 m2 yang beratapkan beton sehingga kita bisa naik keatas pendopo tersebut dan bisa melihat pemandangan Samudra Hindia dengan sangat leluasa.

Namun yang sangat disayangkan dari tempat ini sekarang kondisinya kurang terawat, terlihat dari infrastruktur penutup selokan kecil depan jalan raya yang sudah hancur dan banyak tumbuhnya rumput-rumput liar di sekitar area wisata, dan mungkin kurangnya wisatawan yang mengunjungi tempat ini, dan memang kurangnya promosi, karena menurut informasi lokasi ini dimiliki oleh pengusaha asal Tasikmalaya, akibatnya Lembah Putri yang eksotis ini sudah terlupakan

 View laut Pangandaran 


 Miniatur Tembok China


 Pendopo di tengah-tengah miniatur Tembok China


 View Bukit daerah Babakan








No comments:

Post a Comment