Wednesday 5 December 2018

Cekdam Situ di Cikatomas yang Masih Perawan Menunggu Perhatian

2 Desember 2018

Cikatomas merupakan sebuah Kecamatan yang berada di sebelah selatan Tasikmalaya. Kecamatan satu ini merupakan salah satu kecamatan yang memiliki banyak sekali potensi wisata alam berupa Air Terjun, bukit, sungai dll. Bahkan ada juga beberapa tempat di Cikatomas ini yang sudah terkenal dan menjadi ikon kebanggaan daerah tersebut


Situ Cekdam

Suatu hari saya melakukan perjalanan mengunjungi beberapa tempat di daerah selatan. Saya teringat ketika ada salah seorang teman merekomendasikan tempat yang katanya ada Situ (danau) di Cikatomas, seketika  saya heran dan bertanya, “masa iya ada situ di Cikatomas”,oleh karena itu untuk membuktikannya saya langsung bergegas mencari situ tersebut.

Dengan bermodalkan alamat sebuah desa, saya mencari tahu dan bertanya ke beberapa warga sepanjang perjalanan. Setelah beberapa lama menarik gas motor dengan mengikuti jalur jalan yang berkelok-kelok akhirnya saya sampai juga di sebuah tempat yang ternyata benar ada Situ di Cikatomas ini.

Oia nama dari situ/ danau ini adalah Situ Cekdam, kurang tahu mengapa namanya dikasih nama Cekdam karena gak ada orang ataupun warga yang bisa saya mintai keterangan. Situ  Cekdam ini berada di desa Gunungsari, Kecamatan Cikatomas atau berada pada koordinat (-7.686414,108.222153) menurut keterangan pada GPS ponsel.

Situ Cekdam


Untuk menuju ke tempat ini patokannya adalah dari SPBU Cikatomas ke arah Cikalong sampai nanti menuju desa Gunungsari yang berjarak sekitar 14 km. Posisinya tepat berada di ujung tikungan tajam  jalan Raya desa Gunungsari, nanti di tikungan tersebut akan menemukan sebuah jalan kecil yang di tembok yang cukup untuk satu mobil, nah tinggal masuk aja kesana. Dari jalan raya tidak jauh hanya sekitar 400 meter.

Karena kondisi jalan menurun dan kurang bersahabat jadi sebaiknya kendaraan bisa dititipkan di rumah terakhir yang berada di atas situ. Kemudian di lanjut dengan berjalan kaki skira-kira 10 menit dan Situ Cekdam pun sudah terlihat.

Tempat ini merupakan sebuah kolam yang memiliki luas yang lumayan besar sehingga bisa dikategorikan sebagau Situ/ Danau. Kondisi air di Situ ini bening kehijauan karena katanya sumber air nya berasal dari gabungan mata air dan aliran-aliran dari selokan kecil.


Situ Cekdam ini masih sangat asri dan alami dan sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata, memiliki suasana sejuk dan nyaman dengan di sambut suara-suara jangkrik dan kodok yang ramai berada di area tempat ini. Terdapat beberapa pohon yang menambah teduhnya suasana dan terdapat salah satu spot tebing yang memeriahkan sahdunya pemandangan.

Situ Cekdam dari sisi lain


Saya yakin jika pemerintah melihat potensi akan tempat ini, bukan tidak mungkin Situ Cekdam ini nantinya bisa menjadi salah satu tempat wisata yang bisa mengundang banyak wisatawan dan tentunya menambah pemasukan kas daerah.

4 comments:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  2. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    ReplyDelete
  3. Pengen cari bandar yang aman dan terpercaya? Yuk Segera gabung di QQTIKTOK , disini menyediakan berbagai macam pilihan games dan pelayanan CS 24/7 fast respon .
    -BOLA
    -TOGEL
    -SLOT
    -POKER
    -GAMES

    PROMO QQTIKTOK:
    - WELCOME CASHBACK 100%
    - WELCOME BONUS 100%
    - BONUS ESKTRA 200%

    Silahkan bos kunjungi website kami di www.qqtiktok88.com
    LINE : qqtiktok
    WA : +6281220375956
    TELEGRAM : +6282376452603

    ReplyDelete
  4. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete