Monday, 23 July 2018

Tonjong Canyon, Grand Canyon Mini Tasikmalaya



Tasikmalaya memang tidak pernah habis untuk di bicarakan, apalagi kalo berbicara mengenai tempat wisatanya mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata rohani dll.  Dengan memiliki bentangan alam yang sangat luas, tidak sedikit pula terdapat banyak tempat yang tersebar di beberapa daerah yang sangat potensial untuk menjadi tempat wisata, salah satunya berada di daerah Cipatujah.

Tonjong Canyon Grand Canyon Tasikmalaya
Tonjong Canyon


Seperti yang sudah kita tahu jika berbicara mengenai Cipatujah maka yang terfikir adalah pantai nya yang eksotis, namun jika sobat tahu ada tempat lain loh selain pantai yang bisa kita kunjungi yaitu Tonjong Canyon.

Tonjong Canyon ini merupakan sebuah tempat berupa lembah yang terdapat aliran sungai dan yang hal membuat unik tempat ini adalah tebing/ ngarai yang dilewati sungai ini membentuk lekukan-lekukan yang sangat indah dan eksotis, mirip Grand Canyon versi mini nya. Memiliki aliran air yang lumayan jernih kehijauan sehingga sangat cocok untuk untuk sobat yang suka bermain air.

Tonjong Canyon ini memiliki undakan batu yang landai untuk tempat bersantai, botramdan berfoto ria. Oia tempat ini juga sangat cocok loh untuk di gunakan Jumping Cliff ,memiliki jarak yang lumayan tinggi untuk meloncat kedalam sungai dan yang pasti kedalamannya di beberapa spot sangat dalam sehingga sangat asyik jika kita melakukan Jumping Cliff .

Tonjong Canyon ini berada di kampung Tanjungsari, desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah kabupaten Tasikmalaya. atau berada pada koordinat -7.669244,108.032528.  Untuk menuju ke Tonjong ini dari Tasikmalaya bisa ditempuh dengan jarak 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan motor/ mobil. Ada 2 jalan untuk menuju ke tempat ini.

1     Pertama dari daerah Darawati kita ambil kanan ke arah Culamega sampai menemukan TK Nurul Ikhlas kemudian belok kiri ke arah desa Nagrog dengan melewati ladang dengan kondisi jalan turunan dan tanjakan yang sangat curam . nanti kita akan sampai di sebuat jembatan gantung yang hanya bisa di lalui oleh kendaran bermotor saja. 

      Kedua via kebun karet. dari daerah Darawati lurus nanti kita akan menemukan perkebunan karet dan di tengah-tengah kebun karet akan menemukan jalan ke kanan ke arah desa Nagrog. Jika menggunakan jalan ini kita bisa membawa kendaran mobil dengan kondisi jalan yang lumayan baik cuman terdapat beberapa jalan yang berbatu sekitar 1 km. Terus ikut jalan tersebut kita akan menemukan gapura desa Nagrog .

Setelah menemukan Plang petunjuk lokasi Tonjong Canyon, kita bisa memarkirkan kendaraan untuk kemudian di lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit dengan menuruni ladang perkebunan karet yang lumayan curam. Setelah bercapek-capek perjalanan  kita akan sampai di lokasi Tonjong Canyon.

Untuk berkunjung ke Tonjong Canyon ini waktu yang paling cocok adalah ketika musim kemarau, karena pada saat kemarau kondisi air sangat jernih kehijauan. Oia menurut keterangan warga sumber air yang mengalir ke Tonjong Canyon ini berasal dari 2 aliran yang menyatu yaitu dari aliran Curug Ngebul dan yang dari Talaga Denuh

Tonjong Canyon Grand Canyon Tasikmalaya
Tonjong Canyon


No comments:

Post a Comment