Monday 23 April 2018

The Amazing Curug Ngebul, Mini Niagara di Selatan Tasikmalaya


 
Curug, curug, dan curug lagi, memang sepertinya tidak ada habisnya kalo membicarakan tentang alam ciptaan tuhan berupa curug/ air terjun. Karena memang curug ada dimana-mana di setiap daerah apalagi jika daerahnya berupa pegunungan/ dataran tinggi sudah dapat dipastikan terdapat aliran sungai dan membentuk curug.


Bermacam-macam aliran curug ,mulai dari aliran kecil, besar, tinggi, pendek hingga membentuk curug yang indah dan amazing contohnya seperti Curug ngebul yang berada di Kecamatan Culamega tepatnya di kampung Curug Telu, desa Bojongsari kabupaten Tasikmalaya.


the Amazing Curug Ngebul Tasikmalaya
Penampakan Curug Ngebul
Curug Ngebul ini merupakan sebuah aliran sungai yang lumayan lebar, terdapat banyak batu-batu besar hingga membentuk curug yang sangat amazing.

Untuk menuju tempat ini dari Tasikmalaya dapat di tempuh dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jalur Tasikmalaya-Sukaraja-Cibalong-Karangnunggal-Cipatujah-Culamega. Patokan menuju curug ini dari pertigaan Karangnunggal, Pamijahan, belok kiri kea rah Cipatujah hingga sampai ke daerah Darawati, setelah itu nanti akan ketemu dengan pertigaan yang menuju ke Culamega. Dari sana belok kanan sekitar 3 km hingga sampai di daerah Bojongsari, kemudian belok kiri sekitar 2 km hingga sampai menemukan sungai dan jembatan yang merupakan aliran menuju Curug Ngebul yang juga terdapat tempat parker.

Perjalanan di lanjut menuju curug dengan trekking sekitar 15 menit menyusuri aliran kanal kecil hingga sampai ke curug Ngebul. Selain Curug Ngebul, disini juga terdapat curug Moksel yang kebetulan posisinya berada tepat sebelum Curug Ngebul.

Curug Ngebul ini terdapat beberapa tingkatan, cuman yang nampak jelas hanya 2 tingkatan, ketika pas sampai di tempat ini kita akan berada di bawah curug atau berada di tingkatan ke dua daru Curug Ngebul, untuk menuju tingkat 1 kita mesti naik lagi dengan memanjat batuan yang lumayan curam itupun bisa dinaikin jika kondisi air sedang tidak lagi besar.

Karena memiliki lebar yang sangat besar, apalagi ketika air nya sedang besar hingga membentuk aliran curug yang luar biasa, Curug Ngebul ini sering disebut-sebut sebagai Mini Niagara nya Tasikmalaya

the Amazing Curug Ngebul Tasikmalaya
Penampakan Curug Ngebul tingkat 1

8 comments:

  1. Kereenn.. Tp nyampe cipatujah m 3 jam an ateu? Hahaha

    ReplyDelete
  2. Keren, tapi ya jalannya itu dech.......
    sebelum Cihujan atau giamana lokasinya

    ReplyDelete
  3. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  4. Yang suka dengan wisata alam wajib banget tu datang ke Curug Ngebul Tasikmalaya. Kece banget tu buat selfie

    ReplyDelete
  5. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete