Thursday, 28 July 2016

Leuwi Tonjong, Tonjong Gede Garut



Leuwi Tonjong Garut
7 Juni 2016


Leuwi Tonjong merupakan sebuah bagian aliran sungai Cisanggiri dimana di tempat ini terdapat sebuah (leuwi) bagian sungai yang dalam membentuk kolam dan yang membuat indahnya adalah Leuwi Tonjong ini di apit oleh dua buah bukit batu yang sangat tinggi sekitar 90-120 meter. 




Leuwi Tonjong Garut


Lokasi Leuwi Tonjong ini berada di kampung Rontog, desa Jayamukti, kecamatan Cihurip, kabupaten Garut. Rute menuju  tempat ini jika dari Garut kota adalah ke arah Cikajang menuju Pameungpeuk kemudian sebelum Pameungpeuk belok kiri ke arah Cihurip, jika rute dari arah Tasikmalaya kita bisa ambil jalur via singaparna, Taraju setelah sampai di kebun teh belok kanan menuju kecamatan Singajaya kabupaten Garut, kemudian ambil jalur alternatif dengan memotong jalan ke arah Giriwangi dengan kondisi jalan berbatu, kemudian sampai di kecamatan Cihurip dengan menempuh lama perjalanan sekitar 3 jam lebih.

Treking dari tempat parkir motor di kampung Rontog menuju Leuwi Tonjong ini kita harus berjalan kaki menuruni bukit selama 15-20 menit.

Jika kita tidak mau repot menuju tempat ini sudah tersedia jasa pemandu yang beras dari pemuda warga desa tersebut ada beberapa paket wisata tempat yang di tawarkan selain Leuwi Tonjong ini.


Leuwi Tonjong Garut

Leuwi Tonjong Garut


4 comments:

  1. cobi cek blog sim kuring kang...jelajahcurug.blogspot.co.id... aya nu teuacan ka sorang ku akang gera... nu akang ge aya nu teacan kasorang ku abi, abdi ti bojong mitrabatik...hayu ah sareng..

    ReplyDelete
  2. kalau dari terminal guntur menuju luewi tonjong naik angkot apa?
    Mohon Infonya kakak-kakak

    ReplyDelete
  3. terinsipirasi oleh tulisan anda
    mohon ijin share video saya mengenai leuwi tonjong
    https://youtu.be/e6fiXnaMPJc
    Thanks

    ReplyDelete
  4. dari terminal guntur langsung naik elf cihurip sampai di desa cihurip, minta antar sm ojeg setempat lgsg ke lokasi udah pada pinter koq ojegnya

    ReplyDelete