Monday 20 June 2016

Rumah Batu Karangnunggal Tasikmalaya

Rumah Batu Karangnunggal Tasikmalaya
19 juni 2016

Hebohnya di salah satu grup di media sosial mengenai keberadaan rumah batu yang konon berada di Tasikmalaya yang berasal dari satu artikel yang setelah saya baca agak meragukan karena dalam artikel tersebut memuat foto rumah batu yang berasal dari luar negeri sedangkan isi artikelnya meyakinkan rumah batu tersebut berada di daerah Tasikmalaya.



Rumah Batu Tasikmalaya
Rumah Batu Tasikmalaya

Sebenarnya sudah sejak lama Rumah Batu ini masuk dalam list tujuan ekplor saya, sekitar awal Januari 2016 juga sudah sempat mau mengeksekusi tempat ini, namun karena saya salah bawa orang dan saya fikir belum berkesempatan juga pada waktu itu walau padahal sudah tinggal masuk beberapa desa lagi jadinya pergi ketempat yang lain yang lebih “nyata” adanya mengikuti keinginan beberapa teman yang saya bawa.

Setelah artikel ini ter-Blow Up lagi dan heboh lagi membuat saya penasaran untuk mengunjungi tempat ini.  Terakhir saya dapat informasi dari seorang teman orang Karangnunggal dan menunjukan foto-foto selfie dirinya di rumah batu tersebut. Sebelum saya pergi kesana seperti biasa saya mempelajari dulu mengenai lokasi, trek jalan dan waktu tempuh menuju lokasi.

Walau sedang dalam bulan puasa tapi tidak menghalangi saya untuk pergi ngabolang, untuk edisi kali ini saya berangkat hanya berdua bersama sang istri.

Setelah menempuh waktu satu jam setengah akhirnya saya sampai di Rumah Batu. Lokasi Rumah Batu ini berada di blok Gunung Cantigi kampung Cintasari, desa Cibatu kecamatan Karangnunggal. Rute dari Tasikmalaya arah Karangnunggal kemudian belok kiri masuk ke Cikukulu, Cibatuireng, kemudian masuk ke desa Cibatu, kampung Pasirpongpok, kemudian belok kanan melewati jalan kecil ke kampung Cintasari sekitar 1 km sampai lokasi. Patokan dari jalan raya Karangnunggal adalah lapangan bola Cikukulu yang disampingnya ada jalan kecil masuk kesana dengan jarak sekitar 9 Km menuju lokasi dengan trek 5 km hotmiks dan sisanya jalan berbatu yang masih bersahabat dengan kendaraan.



Rumah Batu Tasikmalaya
Patokan belok kanan dari jalan Cilangkap menuju rumah batu

Setelah memarkirkan kendaraan perjalanan dilanjut dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dan sampailah kita di rumah batu. Rumah Batu ini berada di salah satu bukit yang berada di sebelah selatan kampung Cintasari, memiliki 3 bagian tempat bagian pertama paling bawah adalah yang paling luas dengan panjang sekitar 12 meter dan tinggi sekitar 2 meter, memiliki ruang tamu, kamar mandi dengan terdapat bak, bekas warung, dapur, dan WC. Bagian kedua berada sebelah atas dari bangunan ini memiliki panjang sekitar 5 meter terdapat beberapa ruangan saja, dan bagian yang ketiga adalah bagian paling atas dari kedua bangunan ini terdapat sebuah bangunan berupa mushola.

Kondisi tempat ini sekarang sudah terbengkalai dan dibiarkan tidak terawat terbukti dengan banyaknya rumput liar disekitar bangunan, kemudian juga terdapat beberapa kelelawar di dalam bangunan, dan keadaan di dalam rumah batu tersebut sangat sepi, gelap, seperti di dalam goa dan juga sedikit mistis dan beberapa bagian bangunan sudah banyak yang rusak.

Setelah bertanya kepada warga ternyata Rumah Batu ini milik seorang warga yang juga tinggal disana yang bernama Bapak Aji, selain itu keberadaan rumah batu ini sudah lama ada bahkan pernah masuk liputan berita salah satu stasiun tv swasta nasional. Menurut keterangan warga juga ketika pertama kali rumah ini jadi sangat banyak sekali warga yang berkunjung kesini bahkan sempat di karcis seikhlasnya, namun sekarang kondisi sudah berbeda.


Rumah Batu Tasikmalaya
Penampakan Rumah Batu dari depan

Rumah Batu Tasikmalaya
Bagian kanan

Rumah Batu Tasikmalaya
Bagian 2 atas

Rumah Batu Tasikmalaya
Ruang tamu

Rumah Batu Tasikmalaya
Mushola
Rumah Batu Tasikmalaya
Kamar tidur

Rumah Batu Tasikmalaya
Bak air kamar mandi

Rumah Batu Tasikmalaya
Ruang tamu




3 comments:

  1. Rumah batu tsb dibangun oleh siapa,kapan & latar belakang dibuatnya rumah batu tsb....mohon informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin kan saya menjawab
      Kebetulan saya pernah ke sana
      Menurut orng sana saya bertemu dgb kakekake katanya penubggu di rumah batu

      Konon di bangun sejak th 1996 dan di bangun bersama warga sekitar

      Delete
  2. Wilayah Kecamatan di Kabupaten Ciamis jumlahnya sebanyak 27 wilayah. Sedangkan jumlah desa sebanyak 265 desa. Pusat pemerintahan Kabupaten Ciamis berada di wilayah Kecamatan Ciamis. Berita Reportasee | Peta Kabupaten Ciamis dan Sejarahnya

    ReplyDelete