Tuesday, 23 June 2015

Batu Mahpar Tasikmalaya



Batu Mahpar
14 Juni 2015

Sariwangi merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di bagian barat kabupaten Tasikmalaya, disini terdapat beberapa spot tempat yang keren yang layak untuk di kunjungi bagi para petualang, setelah sebelumnya terdapat Curug Cimedang yang ada di kampung Malaganti, ternyata ada satu lagi tempat yang unik, asik dan eksotis di kecamatan Sariwangi ini yaitu “Batu Mahpar”.


Di Ujung Jurang Batu Mahpar

 Batu Mahpar merupakan sebuah sungai yang dasarnya adalah batu yang sangat lebar sepanjang sungai sampai sisi yang merupakan bekas aliran lava yang mengeras menjadi batu. Sungai ini merupakan sungai kering yang hanya teraliri air njika musim penghujan saja dan di beberapa titik terdapat genangan air. awal dari sungai ini berukuran kecil hanya memiliki lebar 5-7 meter di hulu kemudian di sambung dengan lebar sungai menjadi 10 meter dan memiliki panjang sekitar 400 meter untuk selanjutnya menuju jurang yang dalam sekali yang memilik kedalaman sekitar 80-90 meter.

Lokasi Batu Mahpar ini berada di kampung Benjan desa Sukamulih kecamatan Sariwangi. Rute menuju ke lokasi ini hampir sama dengan rute menuju Curug Cimedang, jika menuju curug Cimedang lurus ke arah barat, dari kampung Malaganti  ke Batu Mahpar ini belok kanan melalui jalan L. Mashudi sekitar 1,6 km cenderung ke arah kanan dengan kondisi jalan yang lumayan berbatu.

Di ujung sungai Batu Mahpar sendiri tepatnya di bawah jurang terdapat sebuah saung tempat beristirahat yang entah di sengaja atau tidak, keberadaan saung tersebut justru menjadi icon tersendiri dari Batu mahpar ini.

Hal yang sangat disayangkan dari tempat ini adalah banyak sekali coretan-coretan tipe-x dan juga pilox pada batu sungai ini, terdapat juga tumpukan sampah yang sepertinya warga sengaja membuang sampah ketempat ini











3 comments:

  1. keren nih Gan .. sayang fotonya kekecilan hehehe ...

    Salam Lestari,
    Eri Anggoro Kasih

    ReplyDelete
  2. Okeh om igun ... info cara kesononya kalo naik angkutan umum gimana ?

    ReplyDelete