Monday 16 March 2015

Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya



Curug Dengdeng Cipatujah
15 Maret 2015

Pesona alam Tasikmalaya memang tiada hentinya untuk terus di eksplor, begitu juga daerah pesisir selatan Kabupaten Tasikmalaya. Bukan hanya sekedar pemandangan laut saja yang terdapat di sini, jika kita mau mencari tahu ternyata ada beberapa tempat yang indah dan layak di kunjungi khususnya untuk para pecinta jalan-jalan. 


Bermodal beberapa kali baca-baca artikel dari blog tentang tempat ini akhirnya kita berangkat pada hari minggu. Ya.. dan kali ini saya dan kawan berkunjung ke Curug dengdeng Cipatujah. Oia sebenarnya di Tasikmalaya sendiri ada 2 curug yang mempunyai nama Dengdeng yang pertama berada di kecamatan Pancatengah dan yang kedua berada di kecamatan Cipatujah ini. 

Perjalanan dari kota Tasikmalaya ke daerah Cipatujah ini kurang lebih memakan waktu hingga 2,5 jam. Lokasi curug ini berada di kampung Caringin desa Cikawung kecamatan Cipatujah. Untuk menuju curug ini menyusuri jalan raya Cipatujah dan setelah sampai di desa Cikawung tepatnya setelah jembatan kedua dari jalan raya ini kita belok kiri ke kampung Caringin yang berjarak sekitar 6 km dengan kondisi jalan yang lumayan berbatu dan sebagian tembok yang cenderung menanjak, kalau kebingungan kita bisa bertanya kepada warga sekitar tentang kampung tersebut. 

Perjalanan menuju kampung ini sangat luar biasa, karna kita bisa melihat pemandangan laut dari ketinggian, selain itu kita akan melintasi kebun dan juga ladang penduduk yang kebanyakan terdapat pohon jati. 

Setelah sampai di kampung caringin kita bisa menitipkan motor sekitar rumah warga dan dari sana biasanya warga setempat suka menawarkan jasa untuk mengantar ke lokasi curug dengan berjalan kaki sekitar 15 menit. 


Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya
 Penampakan Curug Dengdeng dari dekat 


Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya
  Curug dengdeng tingkat 1 dan 2


Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya



Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya
 Main air :D


 Segenap balad ngabolang :D


Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya



Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya
Kondisi langit yang sangat cerah selama berada di lokasi


Curug Dengdeng Cipatujah Tasikmalaya
sasak/ jembatan menuju curug

Catatan : Kedalaman kolam air di curug Dengdeng ini sangat dalam perkiraan mencapai 2 m, sehingga kalau yang tidak bisa berenang tidak di rekomendasikan untuk main air disini. Selain curug Dengdeng ternyata ada curug lain yaitu curug Caringin, jika mau kesini banyak bertanya atau minta antar sama warga setempat.

No comments:

Post a Comment