Tuesday 21 November 2017

Curug Cisarua, Curug Mempesona di Kaki Gunung Cikuray



Bagi sobat yang tinggal di Tasikmalaya, Garut dan Bandung bingung untuk bepergian kemana, maka carilah tempat yang sejuk dan segar  dan Garut spertinya cocok untuk sobat menghabiskan akhir pekan apalagi bersama keluarga.


Curug Cisarua Garut
Curug Cisarua Garut

Garut terdapat beberapa gunung yang sudah terkenal seperti Gunung Guntur, Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Untuk kali ini saya menghabiskan akhir pekan di daerah Sukamurni kaki Gunung Cikuray bersama dengan keluarga dan teman dekat.

Di Gunung Cikuray ini terdapat salah satu Air Terjun/ Curug yang sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga yaitu Curug Cisarua. Curug yang mempesona ini siap melengkapi liburan sobat traveler.

Adalah Curug Cisarua, tepatnya di dusun Patrol desa Sukamurni kecamatan Cilawu kabupaten Garut. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat kota Tasikmalaya dan 15 km dari pusat kota Garut. Jika mengambil jalan dari daerah Tasikmalaya sobat traveller bisa melalui jalur Singaparna, Salawu, dan Cilawu-Garut pas tanjakan Bojongloa, belok kiri ke arah Sukamurni dan jika sobat Traveller mengambil dari daerah Garut dan Bandung, sobat bisa melewati Garut kota, Suci, Cilawu kemudian masuk daerah pasar Bojongloa, terus nemu tanjakan lalu belok kanan untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju dusun Patrol sekitar 4 km dengan kondisi jalan yang baik.

Di tempat ini tersedia lapangan yang luas yang bisa di jadikan tempat parkir motor, namun bagi sobat yang membawa kendaraan mobil tenang masih bisa kok tersedia juga lahan buat parkir mobil walaupun hanya cukup untuk beberapa mobil saja.

Dari tempat parkir kita harus mengisi buku tamu dulu kemudian membayar uang untuk parkir. Ketika ditanyakan kenapa belum memakai tiket, kata salah seorang warga yang menjaga parkir tersebut katanya tempat ini masih menunggu SK dari dinas terkait untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang legal.
Perjalanan dilanjutkan sekitar 30 menit menuju lokasi Air Terjun dengan kondisi jalan setapak yang lumayan ramah untuk keluarga. Kita akan di sambut dengan pemandangan pesawahan yang hijau, ladang, perkebunan sayuran dan perbukitan kaki Gunung Cikuray yang memanjakan mata.

Rasa lelah terobati ketika memasuki areal Curug. Dari kejauhan mata kita sudah di suguhi pemandangan Curug Cisarua yang sangat indah dan rasa semangat pun terus menggebu untuk terus berjalan mendekati Curug. Begitu sampai langsung terlihat dengan jelas penampakan Curug Cisarua yang sangat indah dan asri.

Tanpa buang waktu kita langsung mengeluarkan alat-alat tempur untuk bisa mengabadikan foto yang pastinya sudah wajib ada dalam isi tas kita.

Curug Cisarua ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan kondisi air yang sangat jernih karena bersumber dari Gunung Cikuray. Jika kita melihat ke arah kanan  ketika dalam perjalanan, terdapat satu curug kecil yang bernama Curug Raden dengan ketinggian sekitar 3 meter yang airnya berasal dari Curug Cisarua. Di areal lokasi curug, tersedia warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan air ketika kita kelaparan.  Terdapat fasilitas umum juga seperti Mushola,WC dan tempat ganti pakaian jadi lumayan nyaman untuk keluarga. Selain fasilitas umum, terdapat lahan yang lumayan luas juga jika kita mau camping di tempat tersebut.

Liburan Long weekend kali ini memang cocok dihabiskan di Curug Cisarua Garut. Tertarik?

 
Curug Cisarua Garut
Bersama Teman-teman



Curug Raden Curug Cisarua Garut
Curug Raden



No comments:

Post a Comment