Friday 13 October 2017

Menjelajah 4 Curug Indah dalam 1 Lokasi

Curug atau Air Terjun merupakan salah satu tempat yang saat ini sangat banyak di kunjungi oleh para wisatawan atau para traveller dari berbagai kalangan. Betapa tidak pesona Curug atau Air Terjun dengan keindahannya bisa memberikan suasana yang sangat tenang bagi orang yang mengunjungi nya apalagi ketika melihat pemandangan aliran air yang jatuh memberikan suasana yang sangat damai, mungkin karena hal itu sangat banyak orang yang berburu, menjelajah curug-curug yang ada di berbagai tempat.


Curug Sawer Menjelajah Curug Cantik
Curug Sawer Tasikmalaya


Mungkin sobat pernah menjelajahi tempat dan hanya terdapat 1 curug saja, namun tahu kah sobat bahwa di salah satu daerah terdapat 4 curug indah dalam 1 lokasi yang berdekatan? Ya ternyata ada dan tempat itu ada di Tasikmalaya tepatnya di kecamatan Jatiwaras.

Jatiwaras merupakan salah satu kecamatan yang berada di bagian selatan kabupaten Tasikmalaya jaraknya sekitar 10 km dari pusat kota atau sekitar 40 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Berikut beberapa nama curug yang terdapat di daerah Jatiwaras jika kita jelajahi :

1. Curug Paseh


Curug Paseh Menjelajah Curug Cantik
Curug Paseh

Curug Paseh merupakan curug yang pertama kali akan kita temui, curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan memiliki aliran yang melebar. Untuk menuju ke curug ini kita hanya perlu menyusuri sungai kecil sekitar 15-20 menit saja

2. Curug Cinunjang


Curug Cinunjang Menjelajah Curug Cantik
Curug Cinunjang
 

Curug kedua yang akan ditemui yaitu Curug Cinunjang, curug ini memiliki ketinggian sekiar 45 meter dengan jatuhan airan lembut mirip airhujan ketika kondisi air sedang sedang. Untuk menuju curug ini kita hanya perlu trekking berjalan kaki menyusuri pesawahan dan ladang sekitar 25 menit. Namun hati-hati jika berkunjung kesini suka terjadi penampakan hehe

3. Curug Amoh


Curug Amoh Menjelajah Curug Cantik
Curug Amoh


Curug Amoh adalah curug ketiga yang akan kita temui setelah Curug Cinunjang. Curug ini memiliki aliran jatuhan yang unik, dimana aliran air yang jatuh membentuk sedikit lengkungan seperti perosotan karena kondisi dingding sedikit landai. Untuk menuju ke curug ini kita memerlukan waktu trekking sekitar 25 menit menyusuri pesawahan.

4. Curug Sawer


Curug sawer Menjelajah Curug Cantik
Curug Sawer


Curug yang ke empat yang akan kita temui jika menjelajah daerah Jatiwaras ini adalah Curug Sawer. Curug ini merupakan curug yang paling indah yang ada dalam rangkaian curug lainnya dan menjadi curug yang paling banyak di kunjungi bahkan sempat di kelola oleh warga setempat. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter, posisi curug ini berada bawah Curug Amoh mungkin hanya berjarak sekitar 100 meter saja dan masih satu aliran sungai. Dari curug Amoh kita hanya perlu melanjutkan perjalanan menyusuri ladang, pesawahan, dan menuruni bukit yang lumayan curam

Ke empat curug tersebut berada dalam satu jalur yakni di jalan kecamatan Jatiwaras yang hanya berbeda kampung saja. Jika sobat mau berkunjung kesini dengan kondisi air yang bagus seperti foto di atas maka waktu yang tepat adalah pada saat musim hujan, karena curug ini merupakan tipe curug tadah hujan yang apabila musim kemarau airnya hanya sedikit bahkan tidak mengalir sama sekali.

No comments:

Post a Comment