Wednesday 7 June 2017

NgeTrip Tipis Curug Luhur Langkaplancar Pangandaran

Curug Luhur Langkaplancar Pangandaran
4 Juni 2017

Langkaplancar merupakan satu kecamatan bagian dari daerah Kabupaten Pangandaran Jawa Barat dimana lokasi nya berada di sebelah utara dari pusat Kabupaten Pangandaran yang berada di pesisir laut, Langkaplancar sendiri lokasinya berada di tengah-tengah hutan yang berbatasan langsung dengan beberapa kecamatan daerah di Ciamis seperti kecamatan Cidolog, kemudian kecamatan Karangjaya, Cineam dan Salopa yang merupakan daerah selatan dari Kabupaten Tasikmalaya. Langkaplancar sendiri berada di daerah pegunungan khas daerah selatan yang dimana kondisinya banyak pepohonan, jalanan sepi, pemukiman sedikit dan jauh dari keramaian.

Tepatnya hari minggu di bulan puasa ketika biasanya di isi dengan tidur sepanjang hari karna memang bulan puasa bawaannya males kemana mana udah gitu kalau cape-capean beresiko kehausan juga, tapi  saya dan teman bingung merasa sangat disayangkan kalau membuang waktu dengan bermalas-malasan, olehkatrena itu saya memutuskan untuk pergi ngTrip “tipis-tipis” alias pergi ke tempat yang dekat dan tidak memakan banyak tenaga.

Tempat yang akan saya kunjungi ini sudah lama jadi daftar tujuan tempat di buku saya hehe, namanya Curug Luhur yang lokasinya berada di  Kecamatan Langkaplancar desa Cimanggu dusun Cimanggu kabupaten Pangandaran. Untuk menuju ke lokasi ini dari Tasik saya berangkat bersama teman di pagi hari sekitar jam 6 pagi walo sebenernya melipir dulu ke jembatan Cirahong dengan ngejar fogging untuk keperluan fotograpi teman.

Dari Tasikmalaya saya menggunakan jalur ke arah Manonjaya sampai ke Cimaragas dengan melewati daerah Cidolog Ciamis, walau sebenarnya menurut teman  ada juga jalan alternatif lain yaitu via Cineam. Dari jalan raya Cimaragas kita belok kanan menuju ke arah Cidolog, kemudian menuju arah Jelegong yang masih satu kecamatan, kemudian perjalanan di lanjut menuju ke daerah Ciseel yang nantinya kita akan melewati jalan Tanjakan Sajuta, kemudian kita akan sampai di desa Citalahab kecamatan Karangjaya, setelah itu barulah kita masuk daerah Langkaplancar yang selanjutnya kia tinggal mengikuti jalur utama untuk kemudian menuju daerah Cimanggu.

Curug Luhur ini kebetulan sudah dikelola oleh desa setempat terbukti dengan adanya beberapa papan petunjuk yang mengarahkan menuju lokasi ketika kita sampai di desa Cimanggu dengan kondisi jalan tanah liat yang jika musim hjan akan sangat licin.

Setelah kita mengikuti petunjuk jalan maka kita akan sampai di rumah yang terakhir dan kita bisa menitipkan kendaraan disana. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan dengan trekking berjalan kaki menuruni bukit yang lumayan curam dan akan terasa menguras keringat ketika nanti pas pulang dari curug. dengan disuguhi pemandangan pesawahan dan hijaunya pepohonan dan di dominasi pula dengan jalan tanah liat merah yang sudah tertata kita melanjutkan perjalanan sekitar 20-30 menit menuju curug, setelah itu sampaiah di lokasi.

Karena sudah di kelola oleh masyarakat dan desa setempat, area Curug Luhur ini sudah tersedia beberapa saung untuk beristirahat, warung yang menjual jajanan, kemudian juga kursi untuk sekedar bersantai dan berfoto ria, dan tersedia juga ban untuk berenang. Oia untuk disarankan jika mau menuju ke curug ini pada saat sedang musim hujan supaya debit ainya besar sehingga asyik buat di foto.