Wednesday, 7 June 2017

NgeTrip Asik Ke Curug Nyogong Cihurip Garut



Curug Nyogong Cihurip Garut
21 Mei 2017

Garut memang surganya tempat-tempat indah yang berada di wilayah Priangan Timur. Tidak hanya memiliki gunung-gunung yang indah, Garut juga memiliki banyak air terjun yang mempesona salah satunya yaitu Curug Nyogong yang berada di Kecamatan Cihurip tepatnya di desa Mekarwangi kampung Sawahpasir.


Curug Nyogong Garut
Penampakan Curug Nyogong



Sudah lama sekali saya ingin mengunjungi tempat ini dan baru tercapai akhir bulan Mei kemarin dengan berangkat berlima bersama teman-teman sesama pecinta curug dari Tasikmalaya. Kita berangkat dari Tasikmalaya menuju ke kecamatan Cihurip pagi sekali sekitar pukul setengah 6 dengan memakai jalur Taraju, Singajaya, dan memotong jalan melalui desa Giriwangi memotong jalan melewati gunung yang kemudian ke Cihurip dengan menempuh waktu sampai 3 jam perjalanan.

Curug Nyogong ini sebenarnya sudah lama di kelola oleh masyarakat terbukti dengan adanya plang petunjuk yang berada di jalan Cihurip. Setelah kita menuruni gunng yang berada di desa Giriwangi dan sampai di jalan desa kemudian perjalanan di lanjutkan ke arah kanan menuju desa mekarwangi sekitar 500 meter kemudian akan ada plang petunjuk menuju Curug Nyogong, dari sana di lanjutan dengan menempuh jalanan beraspal, di campur beton dan berbatu skitar 3 km menuju kantor desa Mekarwangi yang merupakan patokan menuju curug tersebut dan kita bisa memarkirkan kendaraan disana.

Kemudian perjalanan di lanjutkan dengan trekking berjalan kaki dengan menuruni perbukitan dengan terus mengikuti jalan setapak yang cenderung ke arah kanan. Perjalanan ini akan lumayan menguras banyak tenaga apalagi kalo pas pulangnya. Sebelum sampai di curug Nyogong ketika pas setengah perjalanan kita akan di suguhi oleh dua curug tepat di depan tebing yang lumayan tinggi yang akan memanjakan mata yaitu curug Cibalinaga dan Curug Cialeua yang alirannya langsung menuju ke curug Nyogong. Walau tidak ada akses menuju ke dua curug ini, kita tetep bisa menikmati kedua curug tersebut dengan berfoto dari kejauhan. Kemudian setelah puas berfoto di depan curug Cibalinaga dan Cialeua kita lanjut berjalan lagi sekitar 5-10 menit untuk menuju curug Nyogong dan sampai lah kita


Curug Nyogong Garut Cibalinaga
Curug Cibalinaga

Curug Nyogong ini mengalir dari sungai Cisanggiri yang bersumber dari Gunung Gelap yang debit airnya lumayan deras sehingga walau musim kemarau pun, curug ini masih tetap mengalir. Setelah itu kita langsung mengeluarkan peralatan perang kita (alat-alat berfoto ria) hehe
 







2 comments: