Thursday, 16 February 2017

Curug Badak, Curug Batu Hanoman



Curug Badak, Curug Batu Hanoman
12 Februari 2017

Tasikmalaya memiliki banyak air terjun dengan nama yang sama, salah satu nama yang banyak di pakai beberapa air terjun/ curug d Tasikmalaya adalah Curug Badak. Sudah terhitung ada 4 curug yang saya tahu yang memiliki nama tersebut,  dan kebetulan beberapa curug tersebut berada di satu kecamatan yang sama yakni kecamatan Cisayong.

Satu lagi nama curug Badak yang  baru-baru ini sedang hits di media sosial yang tempatnya kebetulan masih di kecamatan Cisayong tepatnya di kampung Setiamulya desa Sukasetia kabupaten Tasikmalaya.
Untuk menuju lokasi ini ita bisa melalui jalur Cisayong via jalan Cisinga (Ciawi Singaparna) ke arah Cigorowong, Ciherang atau juga bisa melalui jalur Rajapolah, Sukahening ke arah Kiarajangkung dan Kudadepa, kebetulan jalur ini merupakan jalur pendakian menuju gunung Talaga Bodas Garut dari Tasikmalaya.


Curug Badak, Curug Batu Hanoman
Credit foto by Yudi Mulyana


Keberadaan curug ini ada di dalam hutan pinus yang terletak di kaki gunung Talaga Bodas dan baru di buka sekitar bulan Oktober tahun 2016.

Di lokasi ini terdapat dua curug, yakni Curug Batu Hanoman dan Curug Badak. Dari tempat parkir kita mesti berjalan kaki menyusuri hutan pinus sekitar 250 meter menuju ke Curug Batu Hanoman dan 400 meter menuju ke Curug Badaknya.

Curug Badak ini memiliki 2 aliran seperti curug kembar dengan ketinggian sekitar 30-40 meter dengan salah satu sumber airnya adalah aliran dari curug Batu Hanoman. Curug Batu Hanoman hanya berbentuk kolam sehinga jika mau berenang cocok banget di curug ini kedalaman nya pun Cuma setengah meter saja. Curug  ini memiliki debit air terjun yang sedikit jadi tidak heran walau musim hujan pun airnya tidak deras seperti curug-curug yang lainya


Curug Badak, Curug Batu Hanoman
Curug Badak


Curug Badak, Curug Batu Hanoman
Curug Batu Hanoman


Curug Badak, Curug Batu Hanoman
Tangga Menuju ke Curug Badak





Curug Badak, Curug Batu Hanoman





No comments:

Post a Comment