Thursday, 28 April 2016

Ngabolang Asyik Curug Muara Jaya Majalengka

Curug Muara Jaya

Tidak lengkap rasanya jika pergi jalan-jalan, ngaprak, atau liburan tanpa mencari air terjun terlebih saya ini merupakan AnCur (anak curug) jadi hal yang sangat wajib hukumnya untuk dapet spot air terjun/ curug. Setelah puas menikmati keindahan terasering bukit Panyaweuyan Argapura kita dapat informasi bahwa ada air terjun sekitaran Argapura ini dari sana kita langsuk beranjak membawa motor menuju ke curug tersebut.  Nama curugnya ini adalah Curug Muara Jaya yang menurut cerita dulunya nama curug ini adalah curug Muhara yang sering di jadikan tempat bertapa untuk orang-orang tertentu.



Jarak tempuh menuju curug ini memang benar tidak jauh, dari tempat parkir tadi saja di bukit Panyaweuyan hanya sekitar 2 km saja sekitar 10 menit menuruni bukit. Ekspektasi saya mengenai curug ini ya mungkin sama seperti curug yang saya kunjungi sebelumnya ya mungkin ga rame, sepi dan walaupun di kelola hanya sekedarnya saja.

Namun realita berkata lain ketika kita sampai di gerbang masuk curug tersebut, pas masuk kita di sambut dengan gapura yang lumayan besar tempat tiket parkir kendaraan dan ketika masuk tempat parkir kita di suguhi dengan berjajarnya kendaraan motor dan mobil yang mengisi separuh area parkir curug tersebut ang lumayan sangat luas yang mebuat dahi terkerut terheran-heran. Lalu kita berJalan menuju curug dan sebelumnya harus tiket masuk dengan harga 10.000 rupiah yang menurut saya sebuah nominal yang agak kurang relevan untuk tiket ke curug. Setelah itu kita berjalan mengikuti jalanan tembok yang mengantarkan menuju curug tersebut sekitar 1 km.

Ternyata di lokasi ini tidak hanya spot utama saja yang berupa curug/ air terjun, disini juga tersedia taman kecil, tempat bermain anak, tempat botram, camping ground dan terdapat banyak warung yang menyediakan berbagai macam makanan.

Setelah sekitar berjalan 15 menit menyusuri jalan tembok dan anak tangga yang menurun  kita sampai di spot utama aitu curugnya dan ternyata curug nya ini mempunyai 2 curug yang masih satu aliran. Curug ang pertama merupakan curug yang gak terlalu tinggi sekitar 2 meter terletak paling bawah dan akan kita temukan pas pertama kesini, sedangkan curug yang kedua yaitu curug yang berada di atas curug satu tingginya sekitar 90 meter lebih dengan bentuk aliran yang lumayan unik, namun untuk menuju curug yang ke satu ini kita harus naik lagi ke atas tangga dengan membayar lagi sebesar 2 ribu rupiah yang sudah tersedia penjaganya sungguh terlalu


Curug Muara Jaya
Curug 1


Curug Muara Jaya
Curug 2

Curug Muara Jaya


Curug Muara Jaya


Curug Muara Jaya

No comments:

Post a Comment