Wednesday 9 March 2016

Curug Sawer Karangnunggal

Curug Sawer Karangnunggal
20 Desember 2015

Curug-curug di Tasikmalaya itu ternyata sangat banyak, terbukti jika kita serach di google dengan kata kunci tersebut kita akan di suguhi daftar curug-curug yang bermacam yang ada di Tasik. Perkembangan media sosial sangat berpengaruh sekali dan memang media tersebut terbukti sangat ampuh untuk mengenalkan atau menyebarkan informasi suatu tempat, termasuk juga informasi mengenai curug-curug yang ada di suatu daerah.



Akibat dari perkembangan media sosial itupun kini tempat-tempat baru bermunculan seiring sekarang menjadi hits nya orang-orang main ke alam. Terbukti banhyak curug-curug baru bermunculan karena mungkin menemukan tempat baru sekarang adalah menjadi suatu gengsi di kalangan para aprakers atau tukang ngabolang seperti saya ini hehe. Dan di antara curug-curug yang ada di Tasikmalaya ini ternyata ada beberapa curug yang mempunyai nama sama bahkan satu nama sampai 4 curug dengan tempat yang berbeda. Terlepas dari asal muasal nama curug tersebut berada namun hal ini menjadi hal yang unik. 

Nama curug yang sama ini salah satunya adalah Curug Sawer, seperti yang kita ketahui Curug Sawer yang banyak orang kenal adalah yang berada di Jatiwaras yang memang sedang naik daun.  Ternyata selain ada di Jatiwaras Curug Sawer ini ada juga di daerah Karangnunggal tepatnya di kampung  atau dusun Sirnasari desa Cikukulu. Walaupun nama curugnya sama tapi bentuk curugnya berbeda. Untuk menuju ke curug ini patokannya adalah lapang desa Cikukulu Karangnunggal yang percis berada di pinggir jalan raya Karangnunggal, setelah itu kita belok kiri yang terdapat pangkalan ojeg. Dari sana lanjut perjalanan sampai sekitar 1 km dan kita akan menemukan warung yang sekaligus jualan bensin eceran, kemudian ambil kiri lagi menuju kampung Sirnasari yang kebetulan daerah ini sangat terkenal sebagai ahli tulang atau tempat untuk penyembuhan orang yang habis kecelakaan yang tulangnya patah ataupun remuk. Jalannya aga sedikit rumit disarankan kita banyak bertanya sama warga setempat, tenang saja karena curug ini dikenal sama warga setempat. Perjalanan dari jalan tadi sampai lokasi sekitar 5 km perjalanan sampai kita menemukan rumah di penghujung dekat sawah. Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit menuju curug sawer tersebut.

Penampakan Curug Sawer






Eksis sama ibu ibu petani hehe

1 comment:

  1. Saya asli orang tasik tapi saya tidak tahu ada curug yang bagus di tasik ... xixixi

    ReplyDelete