Tuesday, 19 May 2015

Batu Nunggul, Batu Karas Secret Beach



Batu Nunggul, Batu Karas Secret Beach
11 Mei 2015

Setelah kita explore terowongan Cikacepit dan Wihelmina, dan karena masih banyak waktu, kita langsung lanjut ke daerah Batu Karas yang kebetulan saya mendapat info dari teman instagram mengenai pantai yang tersembunyi di daerah Batu Karas, walaupun saya gak di kasih tahu alamat/ lokasi jelasnya tapi tetep pede dengan hanya modal bawa gambar hasil screen shot pantai tersebut dan nanti yah punya modal mulut jadi bisa tanya-tanya sama warga setempat .

Waktu dulu jarak dari pintu gerbang Pangandaran ke Batu Karas bisa sampai 1 jam kurang, namun sekarang karena akses jalan telah mengalami perubahan dan sangat mulus akhirnya jarak tersebut bisa di tempuh hanya dengan setengah jam saja hehe.

Setelah sampai di lokasi pantai Batu Karas, saya langsung mengeluarkan handphone dengan membuka gambar pantai yang tersembunyi tersebut  kepada warga setempat, setelah di tunjukan kita dapat informasi bahwa pantai tersebut bernama Batu Nunggul. Ya kita di tunjukanarah jalan menuju pantai tersebut yang mengarah ke arah barat dan masuk dari mushola di area parkir  menuju kebun penduduk. Akses jalan menuju Pantai Rahasia ini hanya jalan setapak di tengah ladang dan langsung menanjak menaiki bukit karang yangrimbun dengan semak yang tinggi sedikit membuat merinding bulu kuduk dan sepi dari orang-orang, hanya sesekali kita menemui warga yang sedang beraktifitas di ladang dan walaupun kondisi tersebut tidak menghalangi rasa penasaran kita untuk terus lanjut menuju loasi yang di tuju

Hanya sekitar 10 menit saja kita berjalan menyusuri ladang dan semak  yang lumayan sedikit melelahkan, akhirnya dibalik rerumputan sebelah kiri terlihat sebuah batu karang besar dan sudah tidak sabar untuk segera melihatnya dari dekat.

Setelah sampai akhirnya waaaww... Batu Karas Secret Beach ini di depan mata saya, tak heran memang mengapa teman ngasih nama tersebut karena memang lokasi ini tersembunyi walaupun tempatnya tidak terlalu jauh dari Batu Karas.


Batu Nunggul

Pantai ini tidak terlalu besar memiliki pasir sedikit hitam kecoklatan dan yang membuat takjub adalah keberadaan batu karang besar di tengah pantai yang oleh warga di sebut Batu Nunggul yang menurut keterangan warga bentuk batu tersebut memang mirip Tunggul dalam bahasa Sunda yang artinya Tanda/ ciri yakni batu yang panjang dan sering digunakan sebagai tanda/ ciri pada tanah/ kuburan.


Pantainya sepi




Jalan menanjak menuju Batu Nunggul

1 comment: