Sunday 1 March 2015

The Amazing Curug Ciparay Tasikmalaya

8 Juni 2014

Tepat nya hari minggu dan setiap hari itu lah kita bisa mengekspresikan atau bahkan memanjakan diri kita dengan cara sendiri, mungkin bagi setiap orang hari minggu mereka diisi dengan istirahat di rumah atau berkumpul bersama keluarga atau bahkann bepergian ke mall, namun bagi saya pribadi dan teman saya yang semua orang lakukan itu adalah hal-hal yang sangat mainstream.


Hal yang tidak mainstream itu ialah apa yang seperti saya dan teman saya lakukan pada waktu hari libur tiba yaitu dengan mengExplore setiap sudut daerah yang memiliki potensi wisata yang belum banyak orang ketahui sebelumnya.

Pada edisi kali ini kita ngebolang ke daerah Cigalontang Singaparna yang masih bagian dari Kabupaten Tasikmalaya. ternyata di daerah ini tersembunyi surga indah yang sangat mengagumkan. ya masih tetap kunjungan kita yaitu curug (air terjun), disini terdapat curug yang bernama Curug Ciparay.

Picture by :  facebook/okicandra
Curug ini bisa di tempuh dengan waktu 2 jam dari kota Tasikmalaya dengan melalui daerah Sariwangi dan belok kiri kearah Cigalontang. seperti biasa jalan menuju tempat indah tidak selalu mudah, harus melalui jalanan berbatu yang lumayan ekstrim, namun di sepanjang jalan kita di suguhi panorama alam yang sangat menakjubkan di segala arah, kiri dengan pemandangan lembah , kanan pemandangan gunung Galunggung, dari depan di suguhi pemandangan bukit pinus, dan belakang pemandangan kota Tasikmalaya.


Pemandangan gunung Galunggung dari sebelah sisi kiri
setelah menempuh jalanan yang menantang dan bertanya-tanya sama warga sekitar, sampailah kita di tempat parkir nya.sepertimya area ini dulunya sempat di kelola terlihat dari adanya bekas bangunan tempat ganti juga terdapat saung saung kecil dekat curug ini namun karna kondisi jalan yang hancur dan juga akses yang lumayan jauh makanya jarang banget ada orang kesini sampai akhirnya fasilitas terbengkalai begitu saja.

Dari tempat parkir motor kita lalu melanjutkan dengan trekking menuruni lereng tebing selama 10 menit dan Subhanallah akhirnya bisa melihat juga salah satu ciptaan Allah SWT. curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 m lebih terdapat 2 aliran air terjun sehingga sering di sebut air terjun pengantin. Aliran yang pertama sangat besar dan tidak bisa di pakai untuk berenang dan aliran yang kedua lumayan dan bisa di pakai untuk berenang, namun untuk menuju aliran ke dua kita harus menyebrangi sungai yang lumayan dalam.

 Keindahan curug Ciparay tampak dari atas

 Aliran curug pertama yang sangat deras

 Untuk menuju ke aliran kedua harus nyebrang dulu sungai ini

eksis diantara kedua aliran curug ini :D

aliran kedua

kondisi sekeliling tebing mengeluarkan air.. akan sangat waas

The amazing waterfall

3 comments:

  1. wah keren nih Kang ... kondisi jalan kalo pake mobil gimana ?
    tks

    ReplyDelete
  2. Kang, kl dilihat dr segi sejarah dan budaya, curug ini knpa dinamakan ciparay? Oh y kty d daerah ini jga ada tempat semedi y ya?

    ReplyDelete
  3. Kang, kl dilihat dr segi sejarah dan budaya, curug ini knpa dinamakan ciparay? Oh y kty d daerah ini jga ada tempat semedi y ya?

    ReplyDelete