Sunday 1 March 2015

Curug Koja dan Cibakom Tasikmalaya



21 Desember 2014
Curug Cikoja Cibakom


Tepatnya jam 10.15 kita ber 6 memulai perjalan untuk edisi ngabolang kali ini, dan destinasi yang akan kami tuju adalah Curug Cibakom, dan Cikoja yang berada di kampung Pakemitan desa Linggalaksana kec. Cikatomas Kab. Tasikmalaya. Setelah menempuh waktu lebih kurang 1,5 jam akhirnya kita sampai di Cikatomas daerah alun-alun/ masjid agung Cikatomas. Setelah itu berbelok arah kekanan, dari alun-alun dari sana sekitar 6 km menuju tempat parkir dengan kondisi jalan hotmik, tembok dan aspal yang udah mulai hancur 1 km menjelang tempat parkir .

 kondisi jalan sebelum tempat parkir

 Kemudian dilanjutkan dengan trekking menuju curug yang pertama yaitu curug cibakom. Dari tempat parkir ke curug pertama ini sekitar 20 menit, karna tujuan utama kita berenang di curug koja akhirnya di curug cibakom ini kita hanya berfoto ria saja sehingga kita melanjutkan lagi trekking naik bukit sekitar 20 menit serta menelusuri aliran air dari curug koja tersebut, akhirnya kita sampai juga di curug koja.

 perjalanan menuju koja harus naik bukit dengan semak

 sebagian perjalanan menuju koja, yang naik turun


 perjalanan menuju koja, harus menyusuri sungai kecil sekitar 50 m


 Curug Cibakom, curug pertama dari destinasi kita


 ini kawan yang pengen ikut ngeksis, hehe


 finally.. curug Koja/ Cikoja 


Ini kondisi waktu lagi banyak air
tidak lengkap kan kalo ke curug gak main air hehe,..

catatan : ini kali kedua dimana saya mengunjungi kedua curug tersebut, setelah yang pertama kesini dengan kondisi air yang lagi kering dan mengurangi keindahan dari curug ini, akhirnya setelah beberapa minggu dari kunjungan sebelumnya dan curah hujan yang lumayan di daerah Tasikmalaya kita kesini lagi dengan kondisi yang berbeda. kedua curug ini lebih indah jika kondisi/ debit air sedang tinggi

8 comments: