Monday 23 March 2015

Curug Dengdeng Pancatengah "Niagara di Selatan Tasikmalaya"

18 Mei 2014
Curug Dengdeng Pancatengah

Curug Dengdeng, demikian namanya curug eksotis yang sekarang sudah lumayan terkenal dikalangan para pecinta jalan-jalan khususnya para petualang. Sudah banyak sekali para blogger yang pernah menulis tentang curug ini, namun informasi yang saya baca dari beberapa blog mengenai curug ini kebanyakan isi artikel, atau alamatnya sepertinya copy paste atau menyalin dari artikel lain. Akibatnya keakuratan informasi mengenai curug ini banyak yang salah. sebenarnya lokasi tepat curug ini berada di kampung Kararas, desa Tawang dan masuk ke dalam kecamatan Pancatengah kabupaten Tasikmalaya.

Jalur khas yang meliuk-liuk ala dataran tinggi menambah semangat para pemotor dengan kondisi jalan hotmiks selama perjalanan sampai ke kecamatan Pancatengah dan ada beberapa titik juga jalur yang rusak dan berlubang. Jarak waktu untuk sampai ke lokasi ini bisa di tempuh sekitar 1,5 jam sampai kecamatan Cikatomas yakni sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan kecamatan Pancatengah tepat dimana lokasi curug ini berada. Setelah sampai di pom bensin yang berada di Cikatomas maka jalur akan terbagi 2, dan yang harus di ambil adalah ke arah kiri. Dari sana menuju ke lokasi sekitar 8 KM lagi dan 4 kilo setelah dari pom bensin jalanan mulus namun setelah itu kita akan menemukan jalanan hancur akibat pengelupasan aspal sejauh 1 km dan setelah itu di sambung lagi dengan jalanan yang mulus. Tidak jauh setelah mendapatkan jalanan hotmiks mulus setelah jalanan hancur, sebaiknya kita harus sering bertanya karena tidak ada petunjuk besar yang ada hanya petunjuk dari kayu kecil itupun sepertinya hasil dari mahasiswa yang sempat KKN di daerah sana dan kalau kita tidak jeli maka tidak akan melihat papan petunjuk tersebut.


Setelah mendapatkan petunjuk kecil itu  perjalanan di lanjutkan belok kiri dengan masuk perkampungan kecil yang sebagian ladang-ladang dan kebun penduduk juga terdapat saung-saung peternakan ayam dengan masuk jalan beton sepanjang 700 meter dan di lanjutkan tanah liat sepanjangkurang lebih 1,5 km, sehingga kalau musim hujan akan sangat sulit di lalui. setelah sampai kita akan berada di sisi ujung atas curug Dengdeng yang airnya dialiri dari sungai Cikembang ini dan kita bisa menyimpan motor disekitar sana. Curug ini sangat besar, lebar dan mempunyai beberapa tingkatan dengan perkiraan ketinggiannya sekitar 80 m. Untuk bisa melihat view curug dari depan atau mau menuju kebagian bawah dari curug ini kita harus jalan dulu menyusuri pesawahan. Terdapat juga kolam yang besar dan tidak terlalu dalam sehingga bisa di pakai untuk berenang atau sekedar bermain air.

 Foto dari pesawahan


 Foto dari jarak dekat


 Tingkat ke 2 Curug Dengdeng


Tingkat pertama Curug Dengdeng


 Kondisi jalan tanah liat dan menanjak


 Foto daeri sisi kanan curug


 Terdapat banyak pothole



1 comment:

  1. wilujeng wengi kang gunawan muhammad
    ijin copas foto2 curug dengdeng kangge dina PF FB Tasikmalaya Update
    Haturnuhun.

    ReplyDelete