Wednesday 6 May 2015

Curug Cikadu Ciawi



Curug Cikadu
3 April 2015

Memang rencana sudah dari beberapa hari sebelumnya salah seorang teman namanya Mang Isan mengajak saya ke salah satu tempat di daerah Ciawi katanya ada sebuah curug yang kebetulan tempat tersebut deket daerah temannya sambil acara ngaliwet bareng gitu, dan saya meng-iya-kan nya, walaupun malam nya saya sedang camping di gunung tapi saya menjanjikan pulang pagi sekitar jam 7 an. Walaupun begitu ternyata rencana pulang pada waktu yang sudah di janjikan meleset karena memang kondisi nya kurang memungkinkan untuk pulang jam segitu. Akhirnya saya bilang saja ke temen buat berangkat duluan karena di takutkan saya pulang lebih lama dan benar saja ketika sampai pulang kerumah waktu sudah menunjukan pukul 11.00  dengan kondisi yang sudah sangat lelah. Tadinya mau batalin tapi gak enak juga sudah janji mau nyusul, akhirnya saya berangkat sendiri ke daerah Ciawi dan sampai di rumah teman nya mang Isan di daerah Bale Pulang yang suasananya sejuk berada di kaki bukit dan masih terdapat banyak pesawahan.


Suasana hijau sawah dan birunya awan
  
Ternyata ketika saya sampe rumah temannya mereka sedang asik masah-masak lauk buat ngaliwet yang rencana nya mau makan-makan di curugnya. Tak lama dari itu acara masak-masaknya selesai dan kita langsung bertolak menuju ke curug yang tidak jauh dari rumah temannya Mang Isan. Oh iya nama dari curug ini adalah Curug Cikadu yang merupakan nama dari gunung/ bukit tempat curug tersebut berada menurut warga yang saya tanya. Lokasinya berada di kampung Cipurut, desa Mekarjaya dan masuk kedalam kecamatan Kadipaten yang merupakan daerah ujung dari kabupaten Tasikmalaya. Tempatnya tidak jauh dari jalan raya yakni hanya berjarak sekitar 3 km saja dengan kondisi jalan aspal sedikit rusak di awal dan di lanjut dengan jalan mulus dan jalan tembok, untuk menuju lokasi ini kita bisa masuk dari jalan raya Ciawi belok kiri sebelum pom bensin Pamoyanan jika arah Tasik dan masuk ke daerah Pasir Huni, sepanjang 2 km nanti kita akan menemukan plang nama kampung menuju kampung Cipurut nah dari sana menuju curug sekitar 1 km, ataupun jika kita kebingungan bisa bertanya sama warga setempat yang pastinya sudah pada tau mengenai keberadaan curug Cikadu ini.

Curug Cikadu ini lokasinya sedikit tersembunyi, jika sudah sampai kampung Cipurut dan menemukan aliran selokan tepat di bawah jembatan berarti kita sudah  sampai di lokasi dan hanya tinggal berjalan sepanjang 20 meter menuju curug. Kita bisa memarkirkan kendaraan di sekitar pinggir selokan tersebut. Curug Cikadu ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan dinding batu yang unik dan aliran jatuhan airnya tidak langsung ke bawah tapi tertahan dulu di bagian tengah bagian kiri sehingga seperti memiliki 2 tingkatan. Kondisi airnya sedikit keruh dan terdapat banyak saluran pipa yang mungkin air dari curug ini di manfaatkan buat irigasi ke berbagai tempat. Selama di curug ini kita makan bersama dan berfoto ria :)

Setelah pulang dari curug dan sebelum pulang ke rumah kita nyimpang dulu berendem di pemandian cipanas Cipacing karena hujan turun sangat deras. Sekitar jam 7 malem kita memutuskan pulang walaupun hujan masih turun dengan kondisi badan yang sangat lelah tapi harus nyetir motor sendiri dan gak ada temen yang bisa gantian nyetir,dan sepanjang jalan dari Ciawi sampai kerumah selama kurang lebih 40 menit yang terhitung lambat karena saya memacu motor di 40 km/jam, dan selama itu mata ngalenyap  karena sudah gak kuat lelah dan ngantuk. Sempet beberapa kali sadar dan mau nabrak mobil karena kurang konsentrasi.  Tapi Alhamdulillah saya selamat sampai rumah.

Sungguh trips yang sangat melelahkan dan menyenangkan 


Landscape Curug Cikadu





Papan nama kampung Cipurut

Pertigaan dekat curug, langsung ambil kanan

Curugnya dibalik tempat ini

Tempat parkir

Teman-teman yang ikut ke curug, 1 lagi gak kebawa yang ambil foto

Makan besar :D

1 comment:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete