Friday 24 February 2017

Curug Jaga Pati Cisompet Garut Selatan



Curug Jaga Pati
19 Februari 2017

Salah satu curug yang membuat saya penasaran yang berada di Garut selatan dan sudah lama sekali menjadi salah satu daftar tempat yang pingin saya tuju adalah Curug Jaga Pati. 



Curug Jagapati Garut
Penampakan Curug Jaga Pati
 
Curug Jaga Pati ini merupakan sebuah curug/ air terjun yang berada di daerah Cisompet desa Neglasari tepatnya di kampung Padarame daerah Garut Selatan. Saya bersama teman berangkat pagi sekali dari Tasikmalaya mengendarai kendaran bermotor menggunakan jalur Tasikmalaya, Taraju via Singajaya, Banjarwangi, Cihurip  hingga sampai di daerah Cisompet dengan menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan santai.

Patokan menuju ke curug ini ialah perkebunan teh desa Neglasari  jika kita berangkat dari daerah Garut sebelah kiri nanti akan menemukan papan nama SMP 3 Cisompet setelah itu masuk lagi kedalam perkampungan dengan menyusuri jalan yang sudah di tembok menuju  kampung Padarame, sampai menemukan sebuah sekolah dasar di sebelah kanan jalan yang kebetulan di persimpangan jalan ini ada sebuah warung yang kita bisa menitipkan kendaraan disini.


Dari tempat parkir perjalanan di lanjutkan dengan trekking berjalan kaki sekitar 20-30 menit dengan menyusuri jalan berbatu dan lumpur karna waktu saya kesini baru turun hujan. Setelah melewati jalanan yang berlumpur, mulailah kita memasuki ladang dan menyusuri pesawahan dengan kondisi menurun menyisir lereng jurang sampai kita menemukan sebuah aliran air terjun, ya air terjun Jaga Pati. Jika kebingungan kebetulan warga daerah sini juga bersedia untuk bisa mengantar sampai ke lokasi air terjunnya.

Curug Jaga Pati yang berarti “menjaga kematian” ini mengalir dari aliran sungai Cilimbung yang mana aliran air sungai ini berasal dari bukit Limbung yang mengalir ke Curug Tujuh/ Curug Limbung yang dari sepanjang perjalanan setelah masuk ke daerah Cisompet ini sudah terlihat dengan gagahnya. Sungai Cilimbung yang membentuk curug Jaga Pati ini juga merupakan batas antar kecamatan Cisompet dan Cihurip. Kondisi air di curug ini lumayan  bersih dan jernih juga di tambah dengan suhu airnya yang dingin sehingga sangat segar sekali di pakai buat main air dan berenang yang membuat kita lupa dengan lelahnya perjalanan yang panjang untuk menuju ke curug/ air terjun ini.


Curug Jagapati Garut
Penampakan dari kejauhan

Selfie Sukaesih :D



Guide yang menemani perjalanan menuju curug

No comments:

Post a Comment