Monday 23 March 2015

Jojogan, wisata air baru di Pangandaran

22 Maret 2015
Jojogan Pangandaran

Pangandaran memang salah satu kabupaten yang sangat kaya akan  alamnya yang indah dengan potensi wisatanya yang sangat banyak di beberapa tempat. Sudah tidak di ragukan lagi  Pangandaran sangat terkenal di kalangan para wisatawan terlebih dengan keindahan pantai-pantainya. Apalagi Pangandaran ini sudah menjadi primadonanya tujuan wisata di Jawa Barat. Dengan banyaknya potensi wisata di wilayah ini Pangandaran banyak berbenah dan memantapkan diri sebagai tujuan wisata, terbukti dengan bermunculannya tempat-tempat wisata baru yang tidak hanya mengandalkan dari potensi pantainya.

Salah satu daerah di pangandaran yang meiliki potensi wisata baru dan layak untuk di kembangkan juga dikenalkan kepada para wisatawan yang beribur ke Pangandaran adalah daerah Cintaratu. Ternyata di daerah Cintaratu ini mempunyai potensi wisata yang cukup menjanjikan yang bernama “Jojogan” tepatnya di dusun Gunung Tiga, desa Cintaratu, dan masih masuk kedalam kecamatan Parigi. Terletak di sebelah timur desa Cintaratu. Objek wisata ini terdiri dari air terjun/ curug, water tubing atau lembah tempat berenang, juga Goa alam yang di dalamnya mengalir sungai yang aliran airnya menjadi hulu dari sungai yang mengalir ke objek wisata Citumang di daerah Bojong yang sedang naik daun itu. Perlu di ketahui juga bahwa air yang mengalir ke daerah Jojogan ini asalnya dari sungai Santirah yang juga merupakan tempat wisata dari daerah Selasih, jadi dalam satu aliran sungai ini terdapat 3 lokasi tempat wisata, mulai dari atas banget ada Santirah, di tengah ada Jojogan dan di hilir ada Citumang.

Akses jalan menuju tempat ini lumayan baik, namun ada beberapa titik di jalan raya Cintaratu yang kondisinya rusak.  Jarak dari jalan raya Cibenda sampai ke lokasi ini sekitar 10 KM. Kita bisa masuk dari jalan raya Cibenda/ jalan raya parigi, kemudian masuk ke arah lokasi wisata Citumang, setelah itu perjalanan di lanjutkan dengan menyusuri jalan Cintaratu sekitar 5 KM, sudah terdapat beberapa papan penunjuk untuk menuju lokasi ini tinggal ikuti dan kita tidak akan tersesat. Lokasi ini berada di ketinggian, sehingga di satu titik kita bisa melihat pemandangan pantai yang biru dan hijaunya pepohonan dari atas bukit. Sayangnya di lokasi ini masih banyak fasilitas yang kurang menunjang wisatawan seperti ketersediaan lahan parkir yang kecil, kamar mandi, atau juga wc umum. Menurut saya tempat wisata ini sebenarnya bisa berkembang seperti Citumang yang sekarang sudah banyak peminatnya, tinggal bagaimana promosi, atau iklan saja kepada para wisatawan, karena memang masih belum banyak orang yang tahu mengenai tempat ini kebanyakan hanya tempat-tempat yang sudah terkenal saja.

 Curug Jojogan


Foto dari bawah


 Aliran air yang mengalir dari curug Jojogan


 Sungai tempat berenang, sayang kondisinya lagi keruh

 Aliran menuju lembah 





 Foto dari puncak bukit menuju Jojogan, view laut Pangandaran

Ini goa di lokasi wisata yang airnya dari wisata Santirah daerah Selasih

 Foto Goa dari kejauhan


 Petunjuk dari jalan raya Cintaratu


 Petunjuk mendekati Jojogan


Lokasi parkir Jojogan  yang kurang luas








3 comments:

  1. di plang nama petunjuk sama lokasi namqnya Jojogan om

    ReplyDelete
  2. Mantap infonya min. . terimakasih
    tolong aga di cerahin tema bloggnya.

    info smartphone
    http://fataria.blogspot.com/2015/06/smartfren-andromax-q118.html

    ReplyDelete